Sunday, January 17, 2010

Facebook oh Facebook

Cerita ini sebenarnya udah lama sekali... sekitar setahun yang lalu...
pengen di publish aja, karena permintaan seorang teman si sayah...

Salah satu mata kuliah wajib dijurusan aku adalah PLP (Program Latihan Profesi) dimana kita sebagai calon guru harus belajar dan mendapat gambaran jelas mengenai kehidupan sekolah seperti apa. Di sebuah sekolah swasta yang lumayan jauh dari kampus, aku melakukan PLP. Setiap jurusan mendapat jatah 2-3 orang setiap sekolah. Aku barenga ama Ie, n Ninis berjuang melakukan PLP sepenuh hati (bagian ini karangan gue) menjalankan kewajiban ini.

Sebelum PLP dijalankan, aku masih sibuk-sibuk di kampus dan bolak-balik nyari tiket buat balik ke Padang. Nah, pas di radio lagi –in gitu situs pertemanan Facebook, ya ga jauh beda lah ama Friendster. Aku yang memang baru tau, iseng nyoba-nyoba daftar tuh. Kayaknya rame juga karena banyak yang omongin.


Pas lagi hotspotan gitu aku nyoba buat sign up biar gaya gitu. Pas udah daftar, ada perintah buka email karena ada perintah lanjutan di email itu. Si aku buka email. Ternya gda apa-apa di inbox si aku. Panic tuh, kok ga ada email lanjutan…
L sedikit sedih juga. Udah lah, gue abaikan begitu saja tu Facebook.

Tiket pulang ke padang udah ditangan, tinggal siap-siap berangkat ke padang kota tercinta bertemu sanak saudara, alah lebay. Maslaah facebook terlupakan begitu saja. Perjalanan ke jakatra sempat kepikiran dikit, kenapa tu perintah lanjutan ga nyampe ke email si aku.


Nyampe Cengkareng masih sedikit kepikiran karena orang yang duduk disampingku, esmud gitu, make hape communicator gitu, dengan santainya buka-buka Facebook. Panaslah hati si aku, secara si aku tidak berhasi daftar doank ke facebook, eh sang esmud dengan nyanyeinya online deket si aku.


Akhirnya siaku memutuskan untuk pindah duduk di deket jendela masih di ruang tunggu. Duduk di sebelah bule cakep. Untungnya ni bule ga terlalu fanatic ama Facebook, jadi pikiran si aku terlaihkan dengan melihat wajah sang bule(yang pasti tanpa sepengetahuan si bule) hehe…


Udah masuk pesawat, seat belt di pasang, pesawat take off, masalah facebook terlupakan, ga tau ketinggalan di Cengkareng hehehe.


Padang telah menanti, adik si aku udah nunggu, ya dengan muka sedikt bĂȘte juga, di cengkareng pesawat delay sejam-an gitu. Perjalanan dilanjutkan kerumah sodara sepupu si aku. Dia mau jemput tapi ga jadi. Akhirnya janjian di suatu tempat biar dia bisa jemput. Nunggu lama juga, ampe si aku penegn pipis. Sejam juga baru tu orang datang.


Keadaan di mobil lumayan sesak ama anak-anak (ponakan-ponakan si aku). Ah, ga usah di pikirin, yang jadi pikiran penting si aku gimana caranya cepet nyampe rumah, pipis sekalian mandi. Everybody knows Padang tuh panas banget gitu loh, apalagi udah dari Bandung, ke Jakarta, nyampe Padang, gosong ni si aku. Syukurnya masalah Facebook terlupakan dengan damai.


Besoknya si aku ke Solok, tempat nyokap-bokap si aku tinggal. Ga jauh kok dari Padang. Bertemu dengan orang tua tercinta, makan bareng, ya ritual yang biasa dilakukan bersama kalo si aku pulang. Pas malam datang, temen si aku, Elin, telpon ngajak jalan. Sebelumnya emang udah si aku kasih tau kalo si aku bakal pulang.


“Cie, lo udah nyampe rumah?” Elin langsung Tanya tanpa bilang ‘halo’


“Udah. Tadi sorean lah. Kenapa gitu?”


“Besok gue jemput lo ya jam 10an di rumah”


“Hah, mau kemana?”


“Udah, yang penting lo udah siap”


“Eh, Nyet, lo maen culik gue aja”


“Lagian lo ga kemana-mana kan? Dari pada bengong di rumah, yakan?”


“Sialan lo. Okeh deh…”


“Okeh. Bye”


“Bye”


Ya, begitulah si Elin. Akhirnya si aku beristirahat bersama si ade. Secara kamarku sekarang udah jadi hak milik dia, karena sang nyokap ga akan bikin kamar baru, kamar si ade yang lama udah jadi ruang pakaian si nyokap.


Sesuai dengan jam yang udah dijanjikan (ceileee, bahasanya bo..) si aku ketemu ma si Elin. Elin sahabat si aku dari eSeMA yang sialnya skelas mulu ma ni anak, bosen bgt deh. Awalnya si aku kaget, mobils siapa yang parkir depan rumah? Honda All New Jazz putih. Setauku ga ada tuh orng komplek yang punya Honda Jazz. Serasa film-film yang ada adegan slow gitu, si yang punya mobil keluar, gila si Elin, setauku (lagi) dia make Honda Jazz biru.


“Woi… Buruan dunk Nyet…” teriak tu anak, kayanya suaranya bisa ngebangunin anjing tetangga.


“Bentar Nyet, gue masih syok nih, kirain bukan lo yang bawa ni boil, hehehe”


“Sialan lo, nyokap gue yang ngeganti ni boil”


“Jadi berangkat sekarang aja nih?’ tanyaku tana dosa.


“Ga, Taun depan kalo ga ujan… ya sekarang lah…”


“Oh,..ya udah”


Setelah memastikan pintu rumah dikunci (karena jam segitu gda orang dirumahku), dan dititip ke tetangga tu kunci, aku berangkat bersama Elin.


Di mobil…


“Nyet, emang kita mau kemana sih?” Tanyaku setelah menyetel audio mobil Elin.


“Emang gue kemaren ga ngasih tau lo ya?”


“Ga…”


“Cuma nemenin gue ke warnet, bikinin gue Facebook ya?”


Aku terdiam. Ingatan yang udah aku tinggal di Cengkareng tiba-tiba datang tanpa diundang.


“Hah?”


“Kenapa emang”


“Ga… di warnet mana gitu?”


“Di warnet mantan gue, hehehe, kali aja gratisan..”


“Mantan lo yang mana?”


“Maksud lo???”


“Ya kan mantan lo banyak… hehehe”


“Si Noki nyet”


“O, dia punya warnet?”


“Gue juga baru tau dari kakak gue”


Akhirnya gue nyampe juga di warnet temen gue a.k.a mantan Elin.


“Hi Lin, eh, sapa ni Lin?”Tanya si Noki polos. Kayak yang bener tidak mengenaliku sama sekali.


“Hi, ah, masa ga kenal sih…?”


“Noki, kalo lo bener-bener ga kenal gue, gue bakar juga ni warnet” gue mendadak marah. Masa orang-orang ga mengenaliku sih? Emang aku berubah drastic gitu ya?


“Uci bukan?” masih tanpa dosa ni anak


“Siapa lagi Onta yang deket n kemana mana ama si Monyet yang satu itu?” hipertensi juga nih.


“Beneran ci, gue lupa, abis lo berubah sih dari yang terakhir gue ketemu. Kok lo kurus banget?”


“Kurang gizi ni gue”


“Udah-udah, masa rebut sih. Gimana Ki, lo punya FB ga?”


“Sayangnya ga punya Lin” masih wajah tanpa dosa. Aku jadi kepikiran, apa Noki Cuma bisa ekspresi wajah tanpa dosa aja ya?


“Lo gimana ci?”


“Gue udah bikin di Bandung, Cuma sering gagal gitu. Heran jug ague. Mau lo coba Lin?”


“Boleh, lo tapi yang bikin ya?”


Damn it… ga tau juga dia kalo si aku membawa kegagalan daftar dari situs pertemanan yang lagi –in itu.


“Oke deh” pasrah ni si aku.


Dimulai lah pertarungan harga diri untuk sebuah Facebook. Setelah beberapa waktu ngikutin semua perintahnya, sampe buka email segala, ternyata sodara-sodara BERHASIL… Wow, hebat. Aku tidak terima, kenapa saat aku memberikan jasa kepada orang lain dan ternya aberhasil, untuk diri sendiri gagal mulu? Ga adil… Syok juga, yang seneng yan tau sendiri, pihak yang diuntungkan si Elin. Bahagia gitu punya FB. Si Noki ga mau kalah juga, akhirnya tu anak bikin FB.


Oh My God, kenapa dengan diriku? Kenapa disaat diriku yang membuat Facebook buat sendiri aja gagal. Kata malaikat baik berwarna putih di telinga kananku berbisik ‘mungkin belum saatnya kamu punya FB’. Oke, diterima.


Heran aja, kenapa semua orang jadi bisa gila Facebook. Atau memang aku hanya iri dengan keberhasilanku mendaftarkan Elin di Facebook sedangkan untukku sendiri ga bisa? Berharap ke Padang melupakan kegagalan daftar Facebook, akhirnya ga bisa karena Monyet-monyet sialan (Elin dan Noki) itu.
Dua minggu kemudian setelah aku ke Bandung lagi, berhasillah aku mendaftar di Facebook. Satu hal yang aku sadari, ternyata aku ikut-ikutan gila Facebook. Sigh*.

No comments:

Post a Comment