Saturday, July 17, 2010

KadaL (Lizard)

Kadal adalah reptil.Kulitnya bersisik, ekornya panjang, dan umumnya mereka hidup di daerah hangat. Kadal bisa bergerak dengan cepat dan termasuk binatang berdarah dingin, sehingga harus berjemur agar tubuhnya tetap hangat. Tubuh kadal menjadi lebih gelap ketika berjemur di bawah matahari. Hal ini membantu tubuhnya menyerap panas dengan baik...
(Farndon, John. 2001. Ensiklopedia Mini Hewan. Jakarta, Erlangga)

Kenapa sayah membahas kadal? Dikarenakan tadi di rumah sayah, Yha, Primo dikagetkan oleh sesosok kadal dikamar mandi. Kadal gituuuuu looooh.... Binatang melata yg sayah dan Yha takuti dari kecil.. Melihat kadal adalah hal yg lumayan aneh bagi sayah... Karena memang sudah jarang sekali kadal muncul didepan orang banyak. Kadal mungkin tidak suka eksis di dunia persilatan.

Kadal yang ada di rumah yang tepatnya di kamar mandi berada itu, sedang bertengger di pinggiran ember yg berisi penuh dengan air. Penjelasan tentang kadal diatas tidak sesuai dengan yang sayah temui dirumah. Kadal yang katanya suka berjemur kenapa berada di kamar mandi sayah? apakah sang kadal ingin menggeluti kembali dunia ke eksis-annya? ataukah Apakah sang kadal bosan dengan suasana kehangatan diluar sana sehingga beliau (sang kadal) harus beralih ke kamar mandi yang memang lebih adem? Berhubung kalo sang kadal masuk ke kulkas tidak akan terlalu dingin, lagi padam listrik saat tadi. Entahlah... Hanya sang kadal yang tau.

Sayah, Yha, Primo sangat excited sama penemuan kami bersama terhadap kadal, dan menimbulkan kehebohan disela-sela kesibukan memasak mie rebus untuk sarapan yang dilakukan oleh sayah, persiapan mau mandi oleh Yha, dan sarapan oleh Primo. Yha yang memang sangat akut membenci binatang melata a.k.a kadal ituh memikirkan posisi mandi. Ketakutan mendalam mengakibatkan kesialan bagi Yha yg mandi tanpa menikmatinya. FYI, Mitos yang dipercaya sama Yha, kalo digigit ama sang kadal, sang kadal tidak akan melepaskannya, dan harus nunggu dulu datang petir barulah kadal ngelepasin gigitannya... Mitos yang logis atau tidak, tapi ya namanya juga mitos..

Banyak hal yang selalu dihubung-hubungkan dengan mitos. Bagi masyarakat kebanyakan, mitos-mitos yang beredar selalu menjadi suatu yang sangat menarik, dan tabu untuk diperbincangkan. Mitos tentang kadal pun baru sayah ketahui tadi saat Yha mau mandi.

Info tambahan tentang kadal:
1. Beberapa jenis kadal memutuskan ekornya jika ekor itu di pegang atw tertangkap. Ekor baru akan tumbuh lagi dalam waktu 8 bulan.

2. Gecko pulau Virgin adalah kadal terkecil. Panjangnya hanya 35 mm.

3. Ada kadal yang disebut kadal air (Newt). Merupakan jenis amfibi yg hidup di dua alam.

4. Pada musim semi, kadal air jantan menjadi berwarna cerah atau tumbuh mahkota besar di punggungnya untuk menarik perhatian kadal betina.

5. Kadal yang termasuk reptil bertelur. Dan cangkang telur kadal lunak dan seperti kulit..

*(Farndon, John. 2001. Ensiklopedia Mini Hewan. Jakarta, Erlangga).

Sang Kadal akhirnya pergi setelah kami meninggalkannya mengademkan diri. Mungkin sang kadal sudah tidak mau eksis lagi dan pergi.. Sang kadal tak tau pergi kemana dan melewati jalan apa....! Selamat jalan Kadal.....

No comments:

Post a Comment