Friday, August 20, 2010

Belajar Lagi

Setiap kita pasti selalu belajar. Apapun itu bentuknya. Karena dalam sebuah kutipan (yang sayah lupa asalnya) "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina". Bahkan ada yg bilang "Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat". Maka sayah pun tidak berhenti untuk belajar. Terus belajar.. Apapun bentuk dar hal yang kita pelajari, setiap hari setiap saat kita akan selalu belajar..

Sayah belajar. Belajar tentang sejarah, bukan karena itu jurusan dari sayah kuliah, tapi kita harus belajar dari sejarah. Sayah belajar tentang budaya, masyarakat, politik, ekonomi (walaupun ga total), geografi, ilmu alam, ilmu agama, dan belajar tentang kehidupan. Sayah belajar dan masih belajar tentang apapun. Sekalipun Lemotimia ini masih selalu menyerang sayah..

Belajar kali ini sebenarnya lebih bersifat mengulang. Mmmm ya.. Mengulang.. Itulah kata-kata yang tepat. Karena sebenarnya sayah pernah belajar ini sebelumnya. MATEMATIKA. Jiahhh.... *sigh

4,5 tahun lamanya sayah berkutat dengan fakta, data, peristiwa, analisis sejarah, tokoh, tempat dan tanggal kejadian, teori-teori yang berhubungan dengan ilmu sosial, negara-negara dunia beserta sejarahnya, dan hal-hal yang tidak bersifat angka. Tapi sekarang sayah harus me-refresh otak sayah yang lemot ini dengan ilmu Matematika. *sigh Dunia kerja yang akan sayah masuki sangat berhubungan dengan semua matapelajaran. Sayah akan memasuki dunia pendidikan dasar, tingkat SD. Yang artinya adalaaah, sayah kudu, harus mempelajari kembali matematika yang udah 5 tahun tidak sayah pelajari lagi (SMA juga jurusan IPS).

Sayah terselamatkan oleh Sang Kanjeung Ratu Yang Mulia Mama Tercinta yang adalah seorang guru SD dan jago matematika (bangganya...). Dan disebabkan oleh hal yang demikian, maka pelajaran pertama yang harus sayah ulang adalah Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK).

Maka yang harus sayah pelajari adalah:
1. Faktor suatu bilangan adalah bilangan yang dapat membagi habis bilangan lain.
Ex: faktor dari 8 =...
8 = 1, 2, 4, 8
jadi, faktor dari 8 adalah 1, 2, 4, 8.

2. Faktor persekutuan 2 bilangan.
Ex: Faktor persekutuan dari 6 dan 10 adalah ...
Maka,
faktor dari 6 = 1, 2, 3, 6
faktor dari 10 = 1, 2, 5, 10
Anggota yang sama pada kedua faktor tersebut adalah 1 dan 2

3. Bilangan Prima adalah bilangan-bilangan yang hanya mempunyai dua faktor, yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Bilangan prima antara lain, 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, dst.

4. KPK.
Cara menentukan KPK dari dua bilangan dengan faktorisasi prima :
a. Ubahlah bilangan-bilangan tersebut menjadi faktorisasi prima.
b. KPK diperoleh dari perkalian semua faktor prima. Jika terdapat faktor prima yang bersekutu, pilih faktor dengan pangkat terbesar.

Ex: KPK dari 36 dan 56
36 = 2 x 2 x 3 x 3
56 = 2 x 2 x 2 x 7

KPK dari 36 dan 56 adalah 8 x 9 x 7 = 504.

5. FPB
Cara menentukan FPB dari dua bilangan dengan faktorisasi
a. Ubahlah bilangan-bilangan tersebut menjadi faktorisasi prima
b. FPB didapatkan dari perkalian faktor-faktor yang sama dari kedua bilangan dengan pangkat terkecil.

Ex: FPB dari 36 dan 56
36 = 2 x 2 x 3 x 3
56 = 2 x 2 x 2 x 7

jadi FPB dari 36 dan 56 adalah 4.

Inilah pelajaran pertama yang sayah pelajari untuk me-refresh otak jenius sayah dalam matematika. Mamah sayah dengan jenius dan tanpa dosa memberikan 10 soal yang berhubungan dgn yang sayah terangkan di atas. Dengan bangga sayah bilang, SAYAH BISA dan SAYAH BENAR SEMUA #bahagia...

Kita memang harus belajar mengenai apapun, dan setidaknya bisa mengulang kembali juga adalah sebuah proses belajar... *sayahmemangjenius...

No comments:

Post a Comment