Sunday, February 7, 2010

Rendang ala Sayah

Sebenarnya si sayah tidak begitu ahli dalam memasak masakan khas daerah sayah ini. Cuma hanya sedikit berbagi sajah, karena waktu sebelum sayah kembali ke Bandung untuk menuntut ilmu kepada kampus sayah, sayah membuat rendang yang menurut sayah enak, namun sedikit manis.

Waktu itu si sayah mencoba membuat sendiri karena Mama sayah sibuk, jadi beliau hanya membelikan bahan-bahan yang sayah butuhkan dan memotong-motong daging sesuai dengan keinginan sayah. Sayah jujur sajah pada mu hey, kalau sayah tidak begitu becus memotong yang namanya daging dan ayam.

Kalo mau bikin rendang, ini sayah kasih tau bahan dan cara yg di jalankan oleh sayah.

Bahan:
1 kg daging sapi
10 - 12 gelas santan Kental dari 2-3 butir kelapa
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
Garam secukupnya

Haluskan:
2 ons cabe merah
15 buah bawang merah
6 siung bawang putih
2 cm jahe
3 cm laos (yang ini tidak per
lu dihaluskan, cukup di keprak saja)

Cara membuat:
  • Daging dipotong2 sesuai selera.
  • Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun
  • Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah (Catt: Tante sayah mengajarkan klo saat lagi ngaduk-ngaduk ini santan sampai kental, ada sendok yang dimasukkan ke dalam wajan, entahlah apa gunanya, tapi ketika sayah tanya kepada sang tante, beliau bilang "Bia ndak pacah santan Ci" *biar ga pecah santannya ci*. Begitu Tante sayah bilang). Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging.
  • Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya
Tips :

- Sedikit tambahan untuk resep tsb (supaya lebih enak,boleh di test):

  • 1 kg daging, kelapanya 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau 1,5 kg sebaiknya 5 butir kelapa.
  • Sedikit gula, bila suka, tapi biasanya sayah tidak pernah menambahkan gula, karena jika santannya ditambah, rendang bisa menjadi lebih manis dan dedak (bumbunya) bisa lebih banyak
  • Kalau ingin rasanya lebih sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
  • Supaya lebih meresap bumbunya, sebaiknya daging diungkep dulu bersama dengan semua bumbu & daun, setelah air dagingnya kering baru masukan santan, diaduk terus sampai mendidih. Kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata. Sayah pernah mencobanya, ini resep dari Nenek sayah.
  • Ada beberapa ibu-ibu memasukkan asam kandis ke dalam rendang sebagai bumbu, namun itu sesuai selera, karena rasa asam dari asam kandis juga tidak terlalu terasa, lebih kuat oleh rasa santan dan bumbu lainnya
  • Sebagai catatan, Rendang yang sayah buat tidak memakai kunyit karena tidak klo memakai kunyit itu rendang tidak akan menjadi hitam.
  • Memeras santan untuk rendang, perasan pertama sebaiknya jangan ditambahkan air dulu.Peras kelapa dengan menggunakan kain/serbet khusus, supaya patinya keluar.
  • Mama sayah biasanya menambahkan kentang kecil yang telah dibersihkan tanpa membuka kulit kentang. Kentang dibersihkan memakai ampas kelapa yang telah di parut. Kentang dibelah menjadi 4 bagian seperti potongan pada bakso.

Sayah membuat rendang ini kira-kira membutuhkan waktu 4-6 jam karena membuat santan nya mengeluarkan minyak itu membutuhkan waktu yang sangat lama. Kudu memiliki kesabaran yang lumayan kuat. .

Buat yang berminat selamat mencoba. . Ini merupakan menu favorit kalo Lebaran atau Resepsi pernikahan dan acara untuk kumpul-kumpul keluarga.

No comments:

Post a Comment