Tuesday, July 20, 2010

Migran itu ternyata..

Semua orang pernah mendengar MIGRAN. Si sayah sedang mengalami beberapa gejala migran. Migran yang sayah derita lumanyan cukup menyiksa. Apalagi disaat sayah sedang mengalami menstruasi dan anemia. Paket double combo komplit..

Sayah penasaran,

*sebenarnya migran disebabkan oleh apa?

*Apa sih gejalanya?

*Tips menghindari migran?


Migran merupakan salah satu bentuk sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah.. Sakit kepala migran disebabkan oleh terjadinya suatu kombinasi antbra vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) dan dilepaskannya suatu zat kimia dari serat-serat saraf yg menyelimuti pembuluh darah tersebut.

Ada beberapa pemicu terjadinya Migran:
1. Kecemasan
2. Stres
3. Kurang tidur
4. Pola makan tidak teratur
5. Perubahan cuaca atau tekanan udara
6. Perubahan hormon (pada wanita)
7. Bau sangat menyengat atw asap rokok
8. Sinar yang sangat terang atau pantulan matahari.

Saat migran menyerang, arteri temporal (arteri yang berjalan disekitar pelipis) akan melebar. Pelebarn ini akan menyebabkan terjadinya peregangan pada serat saraf disekitar arteri sehingga merangsang serat-serat ini melepaskan zat kimia. Zat ini akan menyebabkan terjadinya peradangan dn rasa sakit kepala sebelah yg luar biasa.

Migran merupakan suatu kondisi yg kronis dan kumat2n. Sebagian serangan migran juga disertai dg sakit kepala lain. Kadang migran juga dirasakan di dahi, sekitar mata, dn dibelakang kepala, sehingga mengaburkan gejala lain. Walaupun sebagian migran menyerang pada satu sisi kepala, namun sering jg dijumpai gejala migran pada ke 2 sisi. Sisi kepala yg terserang migran pun sering bergantian pd setiap kali serangan. Hati-hati bila sisi kepala yg terserang selalu sama, kemungkinan lain adalah terjadi suatu tumor otak.

Pada saat terserang migran, mungkin akan sensitif terhadap cahaya dan suara seperti yg sayah alami. FYI, migran lebih banyak diderita oleh wanita daripada pria. Akibat terjadinya peningkatan sensitifitas terhadap cahaya dan suara, maka penderita migran harus berbaring diruang yg sepi dan gelap. Serangan migran biasanya akan mereda dalam 4-72 jam.

Sekitar 40% - 60% dari serangan akan diawali oleh gejala pendahuluan yakni:
a. Gangguan tidur
b. Gelisah
c. Kelelahan
d. Depresi
e. Keinginan untuk menyantap makanan manis dan asin.

Sekitar 20% dari migran akan disertai dengan Aura. Biasanya aura ini akan muncul mendahului sakit kepala. Namun tidak sedikit pula yang muncul bersamaan dengan sakit kepala. Aura yg paling sering muncul:
- Munculnya cahaya berwarna yg berkedip membentuk pola zigzag yg muncul mulai dari bagian tengah lapang pandang yg selanjutnya mengarah ke bagian luar.

- Sebuah lubang (scotoma) pada lapang pandang, yg sering jg disebut bintik buta.

Migran memang hanya datang sewaktu-waktu, tapi saat migran menyerang tak hanya merasakan nyeri pada kepala tapi terkadang disertai mual dan muntah. Migran terjadi krn pembuluh darah dileher atw kepala kejang, sehingga aliran darah ke otak berkurang.

Tips menghindari Migran
:

1. Istirahat di ruangan yg tenang, sepi dan gelap

2. Pijat dengan lembut bagian kepala atw kening serta bagian leher agar pembuluh darah menjadi rileks

3. Tidur nyenyak dan cukup

4. Perhatikan pola makan, dan

5. Olahraga teratur.

Sekedar info dari berbagai sumber yang sayah baca tadi siang waktu sayah istirahat. Tips yg tanpa cahaya memang berhasil. Awalnya sayah kira minus kacamata sayah bertambah, tapi ternyata adalah gejala migran. Mudah-mudahan info dari sayah bisa menambah pengetahuan mengenai migran. Ingat Sesungguhnya kesehatan itu mahal.

No comments:

Post a Comment