Sunday, November 22, 2020

Reply 2019 (Bukan Drama Korea)

Yeyy,,,
Merasa produktif aja malam-malam begini bisa nulis 2 postingan sekaligus, padahal sebelumnya kalo bukan gara-gara materi teaching form home juga blog sepi deh. Blog sebelah maksudnya..hihi
Bagi yang belum ngeh, blog sebelah, ituuu blog Ucrit & History. Kan emak nya sayah juga hahaha..

Oia, mengenai tahun 2019, karena postingan sebelumnya juga seperti review untuk setahun dalam satu postingan, mungkin sayah menceritakan garis besarnya aja. Setahun kan 365 hari, dan banyak looh itu.. Maklum, kan setiap tahun moment nya berbeda. Itu juga kalo inget hahaha..

Awal tahun 2019 adalah moment yang mendebarkan. Awal tahun 2019 pengumuman tes CPNS untuk tes lanjutan diumumkan. Pada akhir tahun 2018 itu, sayah dinyatakan lulus passing grade karena total nilai tinggi walopun pada saat itu nilai TKP sayah kurang 3 poin. Bersyukur kembali karena nama sayah masuk dalam daftar mengikuti SKB. Instansi yang sayah pilih adalah Kemenag yang memiliki jenis tes SKB berbeda dengan Dinas Provinsi atau Dinas Kota/Kabupaten yang tetap menggunakan CAT. Di Kemenag, kami melewati 3 tes SKB, yaitu psikotes, wawancara, dan terakhir micro teaching

Kabar kelulusan sayah ketahap berikutnya sudah menjadi perbincangan di yayasan. Tidak hanya sayah yang lulus untuk SKB, tapi juga beberapa rekan guru yang kebetulan memang sama mengajar di SMP. Kenapa menjadi perbincangan? Karena pihak yayasan justru tidak mempermasalahkan guru-guru yang mengikuti tes. Mungkin karena hampir sebagian besar yang mengikuti tes CPNS tahun 2018 tersebut. Dan sayah adalah wakil kesiswaan saat itu. Kepala Sekolah mendukung dan memberi izin dalam proses tes kedua ini. Support teman-teman pun luar biasa. 

Pada bulan Februari, keluarlah pengumuman bahwa sayah dinyatakan lulus CPNS  2018. Proses yang sangat panjang. Dari pendaftaran di Juli-Agustus 2018, hingga pengumuman di Februari 2019. Daaan drama berikutnya pun datang. Pemberkasan, menunggu SK, menyelesaikan dan menuntaskan program-program yang akan dilaksanakan sebagai wakil kesiswaan, serah terima jabatan dan membuat laporan hingga selesai UNBK untuk kelas IX saat itu. Diskusi dengan kepala sekolah, kepala sekolah juga berdiskusi dengan yayasan, sehingga diputuskan bahwa sayah bertugas sampai Mei 2019 setelah siswa kelas IX selesai UNBK. 

Sedih? Iya donk.. Sayah sudah bersama 8 tahun dengan Yayasan DEK. Lah kan lulus CPNS? iya bagian ini seneng lah,, ga semua orang dapat kesempatan ini. Sedih ketika harus meninggalkan tempat dimana sayah menerima banyak pengalaman, pembelajaran, perhatian, sahabat, dan banyak hal (mendadak melow).. 

Selama waktu berlalu hingga Mei datang, sayah menyelesaikan satu per satu tugas, yang memungkinkan sayah tidak meninggalkan beban/sisa pekerjaan kepada pengganti sayah. Pada saat pelaksanaan UNBK dan USBNBK dan penyusunan berkas laporan ujiannya. Kemudian serah terima jabatan kepada pengganti sayah. Dan...

Pamit...

Sayah pamit ke siswa-siswa yang berujung dengan berurai airmata, pamit kepada guru-guru di SMK dan SMA dan kemudian guru-guru di SMP. Aneh dan sedih... Karena prosesnya memang harus begitu.. dan 26 Mei sayah resmi menjadi pengangguran ber-SK hahahha..

Pada 24 Juni 2019 keluarlah pengumuman penyerahan SK di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar. Sayah merupakan satu dari 500n orang yang menerima SK tahap 3. Dalam SK tertulis bahwa sayah ditugaskan di MAN 2 Bukittinggi. Sebelum SK diserahkan, sayah sebenarnya sudah mengetahui penempatan dan sudah mulai mempersiapkan mental dan mencari lokasi tempat tinggal. Pindah kota yang membuat jiwa dan batin bergejolak. And positive thinking, semua tempat adalah bumi Allah, dan semua bagian dari bumi Allah itu baik. Jadi, kami pun hijrah dari Padang ke Bukittinggi. 

Tanggal 25 Juni 2019 sayah melapor ke satuan kerja sebagai prosedur penerimaan pegawai, melengkapi berkas-berkas, perkenalan dan prosedur lainnya. Mendapatkan jadwal mengajar, melengkapi administrasi, daftar bank dan lain sebagainya. Proses selama Juni hingga Juli yang juga menurut sayah drama-drama ala indosiar hahahaa

Awal Oktober 2019, datanglah surat sakti bagi CPNS untuk pelaksanaan Latsar. Klo CPNS dulu namanya LPJ. Latsar 21 hari di BDK Kanwil Sumbar di Padang dengan kondisi hamil muda. Yeeey.. Alhamdulillah. Ini cerita tahun 2019 aja yes, yang cerita hamil mah beda post aja hahaha...

November proses aktualisasi dan habituasi hingga ujian diakhir November. Desember memasuki penilaian akhir semester dan libur semester serta tahun baru. Tahun 2019 juga menjadi tahun wow menurut sayah.. Hal hal yang memang harus sayah syukuri. Lulus CPNS, dan setelah penantian panjang akhirnya diyatakan hamil. Alhamdulillah ya Rabb.. 

Dengan segala kondisi yang terjadi di tahun 2019, pesimis dan kemudian optimis, perubahan emosi, dan hal lainnya sayah tetap bersyukur dan berterimakasih. Allah Maha Baik, Allah Maha Pendengar Segala Doa. Doa dari Suami, orangtua mertua, saudara, Anak.

Semua pasti tepat pada waktunya.
Semua pasti ada hasilnya, walaupun dengan proses yang lama..

Begitulah tahun 2019 yang sayah lewati.
Mudah-mudahan postingan ini ada manfaatnya, atau hanya sebagai bahan bacaan hihiii

~Suci Mairozasya~

No comments:

Post a Comment