Saturday, April 16, 2016

Nadheera - Learning Book (Animals Series)

Pada usia sekarang 18m, Nadheera mulai mudah mengingat dan meniru apa yang orang lain lakukan. Mulai dari cara memakai brush blush on, memakai lipstik, memakai sepatu mamii, dan mengingat barang kepunyaan siapa. Lihat sepatu Eyang, langsung di kasih ke eyang. Atau lihat baju papi, ambil dan kasih ke papi.

Yang lebih menakjubkan bisa mulai menirukan gerakan shalat. Mulai bisa meniru gerakan mulut, berdoa, dan memakai mukena. Nadheera pun bisa menyalakan laptop papi nya. Dari perkembangan tersebut saya mencoba untuk mengenalkan hal-hal kecil memalui buku. 



Kenapa buku? Biar lebih mudah di ingat. Saya tidak beli di toko buku, saya mengkreasikannya seperti pekerjaan tangan siswa SD. Mungkin bagi yang tidak mau ribet, beli saja di toko buku, atau beli posternya. Tapi saya memahami karakter Nadheera yang kalau lihat kertas bisa di sobek, bahkan digigit. Kenapa tidak di download aja lalu kasih liat via laptop dan smartphone? Saya mengurangi resiko Nadheera ketergantungan sama gadget. Maka saya langsung terpikir membuat 'Learning Book Of Nadheera' ala Mami Ucrit. 

Bahan:
1. Gambar-gambar binatang yang sudah di print. Bisa di searching di google. Untuk Nadheera saya mencari 30 macam gambar binatang
2. Karton (warna terserah), potong seukuran A5
3. Lem 
4. Gunting

Cara membuat:
1. Gambar yang sudah di print bisa si gunting sesuai selera, kemudian tempelkan pada karton menggunakan lem.

2. Bisa dibuatkan daftar isi yang juga bisa ditempelkan pada karton. 
3. Laminating. Saya melaminating agar lebih tahan, mengingat Nadheera suka sobek-sobek kertas

4. Jilid ring. Jilid ring ini optional aja, punya Nadheera belum saya jilid karena udah dibawa main duluan. Tujuan dari dijilid adalah agar tiap halamannya tidak hilang dan tercecer. Mengingat anak-anak hobi lembar barang.

Banyak yang bilang kalo 'ih niat banget bikin begituan, mending beli aja' saya senyumin aja. Kadang anak kita justru lebih mengingat apa yang kita buat dibanding yang sudah jadi. Anak juga lebih merasa diperhatikan dan disayang jika karya itu dibuat oleh ibunya sendiri. 

~Suci Mairozasya~

No comments:

Post a Comment