Friday, March 11, 2016

Nadheera - Belajar Sikat Gigi

Lagi semangat nulis mengenai parenting. Kali ini latihan untuk sikat gigi. Nadheera mulai tumbuh gigi saat berusia 6 bulan. Pada usia 6 bulan tersebut mulai Nadheera MPASI awal. Gigi tumbuh pun menjadi kendala ketika makan, karena mungkin terasa ngilu. Sehubungan dengan sikat gigi, saya mulai bertanya-tanya dan mencari-cari mulai dari usia berapakah saya memulai latihan sikat gigi untuk Nadheera?


Dari beberapa artikel yang saya baca, sebaiknya membersihkan gigi sudah dimulai sejak bayi. Membersihkan gusi dan lidah mengggunakan kasa steril. Namun sebaiknya ajarkan untuk menggosok gigi mulai sedini mungkin. Tidak ada patokan mulai dari usia berapa untuk mengajarkan anak menggosok gigi. Nadheera saya kenalkan dengan sikat gigi saat berusia 11 bulan. Jumlah gigi sudah mulai banyak dan makanan yang dimakan sudah mulai beragam. Kekhawatiran saya meningkat karena Nadheera suka 'icip-icip' kopi Papii nya. Jadi dengan niat setulus hati membeli odol dan sikat gigi khusus under 12m.

Yang harus diperhatikan sebelum mengajarkan anak dalam menggosok gigi adalah:
1. Pilih sikat gigi yang sesuai dengan usia anak. Biasanya pada setiap produk sikat gigi ada tertera khusus untuk usia si anak.
2. Pilih lah sikat gigi yang soft agar tidak melukai gusi.
3. Pilihlah pasta gigi khusus anak-anak yang memiliki rasa. Anak-anak suka dengan rasa strawberry atau jeruk. Nadheera memakai merek Dee Dee rasa strawberry. Jangan lupa baca keterangan pada kotak pasta gigi.
4. Kesiapan anak. Ini penting karena jika dipaksa, akan mengakibatkan anak trauma untuk menggosok gigi

Cara mengajarkan anak dalam menggosok gigi:
1. Perkenalkan guna sikat gigi kepada anak
2. Berikan contoh penggunaan sikat gigi kepada anak. Bila perlu sikat gigi bersama dengan anak. Bisa sikat gigi di depan cermin agar anak bisa melihat sendiri proses sikat gigi sendiri.
3. Agar menggosok gigi lebih menyenangkan, libatkan mainan atau berikan nyanyian penyemangat agar menggosok gigi lebih menyenangkan
4. Berkumur. Ini masalah Nadheera, belum bisa berkumur, hanya bisa memainkan air kemudian ditelan. Gunakan air matang setiap kali aktifitas menggosok gigi dan berkumur
5. Selesai. Ajari anak untuk membersihkan sisa kotoran pasta gigi disekitar mulut.

No comments:

Post a Comment