Thursday, August 7, 2014

Workshop Implementasi Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Kurikulum ini menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterapkan sejak 2006 lalu. Dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan atau jenjang pendidikan.Mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh peserta didik dipilih sesuai dengan pilihan mereka.Kedua kelompok mata pelajaran tersebut (wajib dan pilihan) terutama dikembangkan dalam struktur kurikulum pendidikan menengah (SMA dan SMK) sementara itu mengingat usia dan perkembangan psikologis peserta didik usia 7 – 15 tahun maka mata pelajaran pilihan belum diberikan untuk peserta didik SD dan SMP. 

Pelatihan ini telah berjalan 1 tahun pelajaran yakni pada tahun pelajaran 2013-2014. Namun masih sebatas beberapa sekolah percontohan. Tahun ini pemerintah mewajibkan penerapan kurikulum 2013 dan mengadakan pelatihan serentak seluruh Indonesia untuk pelaksanaan kurikulum ini. 
Photobucket
Untuk Kota Padang sendiri dilaksanakan pada 22 - 26 Juni 2014 kemaren. Sehari setelah penerimaan raport semester 2 dan beberapa hari menjelang Puasa Ramadhan. Pelatihan implementasi kurikulum 2013 sebenarnya sangat bermanfaat dan banyak ilmu yang didapat, namun kendala bagi sisayah adalah bertepatan dengan kondisi sayah yang sedang memiliki napsu meningkat, serta perut yang sudah mulai membesar. Walhasil, selama pelatihan sayah ngemil ga berenti, dan saat jam istirahat shalat sayah membutuhkan waktu yang lebih lama. Kaki sayah pun membengkak dengan indahnya, disertai punggung yang nyeri. Pelatihan berlangsung dari pukul 7.30 sampai 17.45, Wow sekali rasanya.
Photobucket
dari materi yang diajarkan mungkin ada sebagian yang sudah mengupload materi, sayah sengaja tidak mengupload materi karena keterbatasan waktu dalam postingan ini. yg sayah upload hanya wajah-wajah cape kami yang ikut pelatihan.









No comments:

Post a Comment