Monday, September 2, 2013

Blood Donation ( Donor Darah )

Postingan kali ini merupakan bagian dari salah satu kegiatan sayah. Dari sejak sayah nulis di blog ini, baru kali ini rasanya sayah menulis mengenai donor darah. Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian dipakai pada transfusi darah. Sayah sebenarnya udah lama ingin menulis postingan ini. Tapi masih dalam masa-masa sibuk kerja. 

Alasan sayah menulis tentang donor darah dikarenakan setelah sekian lama akhirnya sayah bisa donor. Sayah pertama kali donor pada kelas 3 SMA, periode setelah itu saat sayah kuliah. Setelah itu sayah tidak pernah lagi melakukan donor darah. 



Syarat-syarat untuk donor darah:
  • Umur 17-60 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  • Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
  • Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
  • Hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
  • Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor
Dari beberapa syarat tersebut ada beberapa syarat yg tidak bisa sayah penuhi dan mengakibatkan sayah di 'tolak' oleh PMI kampus sayah. Itulah yang menyebabkan sayah tidak bisa donor darah selama kurang lebih 4 tahun. Alhamdulillah setelah 4 tahun tersebut,dengan benar-benar menjaga kondisi tubuh akhirnya SAYAH BISA DONOR DARAH. Bahagia rasanya. Ada perasaan lega. 







Perasaan lega ketika niat telaksana, bahagia ketika bisa membantu orang lain yang membutuhkan tanpa tau siapa yang menerima darah kita. Dan satu hal bahwa donor darah bagi yang sehat tidak ada kerugian, namun untuk yang sakit adalah harapan hidup yang sayah kutip dari Blood for others (BFO) . Makasih untuk teman-teman Blood of Others yg selalu support sayah untuk bisa mempertahankan kondisi tubuh agar bisa donor dan menjelaskan semua tentang donor darah. Menolong sesama tidak harus dari materi, setetes darah pun bisa menjadi kebutuhan untuk mereka yg membutuhkan.


~Suci Mairozasya~

2 comments:

  1. kalau mau donor darah harus di atas umur 17 ya cher?...kalau dibawah umur 17 kenapa gak boleh ?.

    ReplyDelete
  2. masih rutin?
    semoga bisa ruutin ya...

    ReplyDelete