Wednesday, May 23, 2012

Nyeri punggung saat Haid

Haiiiii eperibadeeeeh,,,
How are you??
Sayah sedang tidak baik-baik sajah hari ini..
Dari sejak sayah mengalami haid...
Sebenernya sih udah lama mengalami kejadian ini.. cuma baru kerasa kemaren waktu ngajar. Di saat ngajar yang memang menuntut sayah untuk sering berdiri menyebabkan punggung menjadi nyeri.
Rasanya membuat sayah pengen ninggalin punggung dirumah biar ga kerasa sakitnya..
Dari berselancar dan berenang di kawasan Om Google sayah menemukan beberapa artikel.. artikel yang memang menghubungkan tentang penyakit yang sayah derita. Artikel berjudul Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Haid membantu sayah untuk mengetahui apa yang menyebabkan si punggung sayah sakit.. Sakit punggung saat haid itu disebabkan karena:
Pertama, dampak ketegangan otot perut yang berkontraksi saat mengeluarkan darah dari dalam rahim (dysmenorrhea). Kedua, karena Hormon, menjelang haid, hormon prostaglandin meningkat, hormon inilah yang memicu adanya nyeri otot punggung selama menstruasi. Prostaglandin adalah hormon yang berfungsi dalam memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Karena peningkatannya relatif tinggi, otot tubuh yang lain cenderung menegang, termasuk otot punggung bagian bawah.
Meskipun mengganggu, nyeri punggung tidak perlu dipulihkan dengan obat, karena pada umumnya rasa nyeri itu tidak disebabkan oleh hal yang serius. Berikut ini adalah beberapa tips jitu untuk mengatasi nyeri punggung selama menstruasi:
  • Konsumsi Air Putih
Kamu akan terkejut bagaimana air putih dapat mengurangi segala gejala menstruasi yang mengganggu, termasuk nyeri punggung. Konsumsilah air putih dengan cukup, karena selama menstruasi, kamu perlu mengganti cairan tubuh yang hilang itu dengan banyak air minum dan mengonsumsi buah-buahan juga sayuran yang banyak mengandung cairan.
  • Istirahat dan Relaks
Cobalah untuk beristirahat dan santai, biarkan tubuh kamu mengatasinya secara alamiah. Jika kamu tenang menghadapi kondisi ini, maka tubuh akan lebih mudah melakukan penyesuaian sehingga rasa nyeri dapat mereda.
  • Stretching
kamu dapat melakukan stretching ringan selama kurang lebih 10 menit setiap harinya agar otot menjadi relaks dan ketegangan otot mereda.
  • Konsumsi umbi-umbian kunyit secara teratur dan berkala
Untuk menghindari nyeri selama haid dan masalah kewanitaan lainnya, ada baiknya mencoba konsumsi umbi-umbian kunyit secara teratur dan berkala. Kunyit telah teruji klinis dapat menekan inflamasi (peradangan) yang menjadi biang nyeri dan masalah kewanitaan lainnya.

kalonyeri punggung ga ilang walaupun haid sudah beres, maka periksa ke dokter yang lebih ahli. Biar cepat mengatasi segala kemungkinan yang ada.. Dari artikel itu sebenernya udah ada yang sayah lakukan, seperti stretching, tapi yang lainnya agak sulit mengingat jadwal si sayah menumpuk sekali.... 
Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk sayah dan kalian yang membaca juga...
Sekian dulu ah, Jadwal menunggu...

~Suci Mairozasya~

1 comment:

  1. Sobat saya ingin mengajak anda menjadi Salah Satu Penulis blog saya di www.korangratis.web.id Apakah Anda berkenan. bila anda berkenan bisa hub saya di 085743814600 atau email beritakita35@yahoo.com untuk membicarakanya lebih lanjut.

    ReplyDelete